1/13/2017

Manfaat Kerjasama Internasional Dalam Bidang Biologi

Di era globalisasi seperti saat ini, hubungan dan kerja sama antar negara menjadi sangat penting. Baik itu kerja sama bilateral, regional ataupun multilateral. Tidak ada satu pun negara di dunia yang mampu berdiri sendiri, lepas dari negara-negara lainnya. Bahkan, kerja sama antar negara tersebut akan sangat membantu stabilitas keamanan dan pertumbuhan ekonomi. Karena itu berbagai bidang kerja sama terus ditingkatkan, antara lain bidang pertahanan keamanan, ekonomi, sosial, ideologi dan politik. Bangsa Indonesia juga merasakan banyak manfaat hubungan internasional bidang ideologi dan politik dengan negara lain.

Manfaat Kerjasama Internasional Dalam Bidang Biologi

Sejak kemerdekaan, Indonesia menganut ideologi Pancasila. Ideologi ini berbeda dengan ideologi liberal dan juga komunis yang saat itu banyak dianut. Kini, diberbagai belahan dunia bermunculan ideologi-ideologi baru, baik yang berdasarkan atas kebudayaan bangsa maupun agama. Dengan adanya beragam ideologi tersebut, maka sangat penting dilakukan hubungan internasional bidang ideologi. Salah satu manfaat hubungan internasional bidang ideologi adalah membuat bangsa kita mengetahui nilai-nilai ideologi yang dianut oleh bangsa lain.
Setelah mengetahui ideologi yang dianut oleh bangsa lain, maka pemerintah Indonesia bisa melakukan antisipasi terhadap pengaruh-pengaruh negatif yang mungkin dimiliki oleh ideologi-ideologi tersebut. Sebagai contohnya adalah ideologi yang dianut oleh ISIS dan disebarkan pada masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Semakin menyebarnya ideologi ISIS, menjadi alasan mengapa suatu negara melakukan kerja sama dengan negara lain dalam bidang ideologi. Untuk menangkal ideologi ISIS bahkan telah dilakukan kerja sama regional dan multilateral.

0 komentar:

Post a Comment